Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran Prodi D IV Administrasi Perkantoran, yaitu:

A. Sikap

S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S11 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik praktisi perkantoran Indonesia.
S12 Memiliki sikap ilmiah dalam menemukan produk keilmuan melalui proses ilmiah.

B. Pengetahuan

P1 Menguasai konsep dasar administrasi dan aplikasinya, meliputi: 1) Manajemen, 2) Komunikasi, 3) Organisasi, 4) Perbekalan/Logistik, 5) Ketatausahaan, 6) Kepegawaian, 7) Keuangan, dan 8)
Humas.
P2 Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).
P3 Menguasai prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pekerjaan kantor.
P4 Menguasai teori pengelolaan, pembuatan dan pelaksanaan media relations.
P5 Menguasai pengetahuan kewirausahaan dan aplikasinya dalam bidang MICE dan perkantoran digital.
P6 Menguasai metode dan teknik penelitian dalam pengembangan ilmu administrasi perkantoran.
P7 Memahami pengantar hukum bisnis, etika bisnis dan etika profesi.
P8 Memahami tugas-tugas pelayanan pada pimpinan, kolega, dan pelanggan.

C. Keterampilan Umum

KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora.
KU4 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian masalah dalam pekerjaan perkantoran berdasar pertimbangan hasil analisis informasi dan data.
KU5 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja individu maupun kelompok.
KU7 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU8 Mampu menjalankan peran public relation untuk meningkatkan citra perusahaan.

D. Keterampilan Khusus

KK1 Mampu menjalankan profesi di bidang perkantoran dan trampil mengerjakan pekerjaan administrasi perkantoran dan otomatisasi perkantoran yang meliputi: ketrampilan korespondensi, ketrampilan kesekretarisan, trampil dalam human relation, administrasi sarana dan prasarana, dan trampil mengelola kearsipan digital.
KK2 Memiliki kemampuan dasar untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah.
KK3 Mampu menggunakan dan mengadaptasi teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya.
KK4 Memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan rekan sejawat, relasi bisnis dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif.
KK5 Mampu memberikan pelayanan prima pada pimpinan, kolega dan pelanggan.
KK6 Terampil dalam menjalankan tugas-tugas public relation.