Adiwarna Event Organizer (EO) sukses menyelenggarakan event senam sehat dan jathilan, bertempat di Telaga Jonge, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul

Event SENDJA merupakan event perdana yang diselenggarakan Adiwarna EO dari mahasiswa/i Administrasi Perkantoran, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Event Organizer. Adiwarna EO mengambil tema "Gerakan Badanmu dan Lestarikan Warisan Budayamu", bertujuan meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani, memupuk rasa persaudaraan dan solidaritas, serta melestarikan kebudayaan daerah. Pemilihan lokasi penyelenggaraan event yang dekat dengan kampus, yaitu di Telaga Jonge merupakan wadah silaturahmi antara mahasiswa UNY dengan masyarakat terkhusus masyarakat sekitar kampus UNY Gunungkidul. 

SENDJA (Senam Sehat dan Jathilan) merupakan penggabungan antara olahraga dengan kesenian jawa. Kegiatan olahraga berupa senam dipandu oleh instruktur senam “Amilia”, dengan pembawaan yang energik serta antusias dari peserta senam yang hadir membuat kegiatan senam sehat berlangsung dengan meriah. Ditambah dengan penjualan kupon doorprize yang terjual kurang lebih 600 kupon, untuk merebutkan berbagai doorprize menarik serta doorprize utama satu ekor kambing. Kesenian jawa yang Adiwarna EO sajikan adalah kesenian jathilan dari “Jathilan Laras Ganendra” yang menampilkan dua babak yaitu Rampak Gedruk 3G & Ganendra Diwangka. Kesenian rakyat terutama jathilan memiliki minat tersendiri di hati masyarakat Gunungkidul, maka tidak heran jika kesenian rakyat Jathilan yang Adiwarna EO hadirkan ini sangat ramai dengan penonton. Adiwarna EO sukses menyelenggarakan event SENDJA dengan total pengunjung lebih dari 1.000 orang. Event juga dihadiri oleh dosen, lurah, dukuh, dan pemangku adat dari Telaga Jonge. 

Rangkaian acara SENDJA 2023 diawali dengan pembukaan dan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan-sambutan. Sambutan diawali oleh ketua pelaksana, yaitu Dea Resna Marita, kemudian dilanjutkan oleh dosen pembimbing mata kuliah Event Organizer yaitu Bapak Rizki Pratama Johanis Paransa, S.M.,M.A.B., dilanjutkan sambutan oleh Ibu Rr Chusnu Syarifa Diah Kusuma, S.A.B.,M.Si. selaku Kepala Department Bisnis dan Keuangan Fakultas Vokasi UNY. Acara kemudia dilanjutkan dengan melakukan senam bersama, kemudian pengundian doorprize yang diselingi dengan game, bernyanyi, berjoget, kemudian dilanjutkan dengan penampilan Gedruk dan pengundian hadiah utama. Hadiah utama kambing dimenangkan oleh Mita dari Boyolali. Puncak acara ditandai dengan penampilan utama Jathilan Laras Ganendra. 

Adiwarna EO mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung SENDJA 2023. Sampai akhir acara berlangsung, acara dapat terselenggara dengan lancar dan sukses. Event SENDJA menjadi bukti nyata keseriusan Adiwarna EO dalam menggabungkan kegiatan senam sehat dan budaya daerah, menciptakan momen berharga yang tak terlupakan di Gunungkidul.